Hasil Olimpiade 2016 Grup D: Portugal vs Argentina 2-0, Blunder Kiper Geronimo Rulli

Blunder kiper Geronimo Rulli membantu kemenangan Selecao atas sang wakil zona CONMEBOL pada Jumat (5/8). Dengan tiga poin ini, Portugal sementara memimpin klasemen Olimpiade 2016 Grup D dengan raihan tiga angka, unggul selisih gol dari Honduras yang menggulung Aljazair 3-2.
Portugal boleh saja melewatkan 12 tahun tak tampil di Olimpiade, dan baru tiba kembali ke ajang ini di Rio de Janeiro 2016. Namun, Selecao yang terinspirasi kemenangan senior mereka di Euro 2016, mampu menjungkal pemegang medali emas dua kali, Argentina. Sejak awal Portugal sudah tampil impresif, dengan dimotori oleh Bruno Fernandes sang nomor 10. Bahkan gol sudah tercipta di awal laga, meski dianulir wasit karena offside.
Kebekuan sempat menjalar selama 45 menit awal. Baik Portugal maupun Argentina sama-sama mengunci. Namun, paruh kedua, keadaan berubah drastis. Jonathan Calleri harusnya bisa mencetak gol untuk Argentina ketika berhadapan dengan kiper Bruno Varela. Namun, bola tembakannya membentur mistar. Albiceleste bisa menjaringkan bola ke gawang, tetapi Mauricio Martinez merasakan yang dirasakan Fernandes di babak sebelumnya, golnya dianulir.

Kebuntuan akhirnya pecah juga pada menit 66. Setelah pergerakan apik di sisi kiri pertahanan Argentina, Goncalo Paciencia mendapatkan bola. Ia begitu bebas di depan wilayah Argentina untuk mengirimkan tembakan datar yang melewati jangkauan Rulli. Masuk, Portugal unggul.
Rulli sempat menjadi harapan bagi Argentina ketika ia dua kali menghadang kesempatan Bruno Fernandes dan Salvador Agra. Namun, pada akhirnya Rulli membiarkan dirinya dikenang dengan cara yang buruk. Menit 84, pemain pengganti Pite mengirim tembakan yang mestinya bisa ditangkap oleh sang kiper. Namun bola lepas dari tangkapan Rulli dan masuk ke gawang sendiri.
Berakhir sudah mimpi Argentina meraih kemenangan di laga perdana. Mereka harus tumbang 2-0 dari Portugal. Kini, harapan Albiceleste tergantung pada dua pertandingan berikutnya, melawan Aljazair dan Honduras. Sementara Portugal ada di pole position untuk lolos dari Grup D.
Gol: Goncalo Paciencia 66, Pite 84

linux-stats.org qiu qiu Sumber: Sidomi