Pimpinan DPR Tegaskan Kenaikan Dana Parpol Tak Terkait Pembahasan RUU Pemilu

liputan6 Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menegaskan kenaikan dana bantuan partai politik tidak terkait dengan pembahasan RUU Penyelenggaraan Pemilu. RUU tersebut sedang dibahas di DPR bersama pemerintah.

Agus menuturkan penambahan dana partai politik dari Rp 108 menjadi Rp 1000 adalah implementasi dari hasil keputusan rapat antara Pemerintah dan DPR.

Ia mengingatkan penggunaan dana partai politik harus transparan dan akuntabel dengan di audit oleh auditor independen yang dapat di ketahui masyarakat secara luas. liputan6

“Sehingga masyarakat dapat ikut mengawasi dari penggunaan anggaran yang diperuntukkan untuk dana partai politik tersebut,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (7/7/2017).

Agus menuturkan penyerahan dana parpol harus diberikan kepada partai sesuai dengan tingkatannya dan disesuaikan dengan perolehan suara.

Politikus Demokrat itu menegaskan kembali penambahan dana partai politik tidak ada hubungannya dengan presidential threshold atau isu-isu krusial yang sedang di bahas dalam pansus pemilu RUU Pemilu.

“Hal ini perlu kami sampaikan agar menjadi bagian dari informasi bahwasanya dana partai politik harus transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat luas,” kata Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *